Minggu, 14 November 2010

BAB VIII Pertentangan - pertentangan sosial dan Integrasi Masyarakat

menjelaskan kepentingan individu untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri.


Rasa aman. Semua tentunya menginginkannya dan berhak mendapatkannya.berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya. apakah rasa aman tersebut sebenarnya adalah tidak ada (hanya monopoli otak dan paradigma kehidupan). Rasa aman disini menurut penjelasan saya yakni suatu keadaan dimana kita terlepas dari rasa takut khawatir dan yang kita yakini di dalamnya kita tidak akan mengalami atau menerima rasa takut dari keadaan tersebut. Oleh karenanya Rasa aman tidak dapat dibeli dengan uang serta berbagai upaya dilakukan indivdu untuk meraihnya dengan kepentingan - kepentingan mereka untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri.

Kepentingan, merupakan suatu proses yang menggerakan seseorang guna memenuhi berbagai tuntutan kebutuhannya. Setiap individu memiliki kepentingannya masing - masing dengan melihat bahwasannya apa yang dilakukannya harus dilakukan untuk memenuhi rasa aman tersebut. Maka dari itu tidak jarang dari individu - individu tersebut yang cenderung bersifat egois yakni memenuhi kepentingannya tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. hal ini yang menjadi sedikit corak gambaran kehidupan nyata di Daerah Ibukota.

Dalam proses sosialisasi Rasa aman juga nampaknya harus diberikan kepada sang buah hati untuk mencegah perilaku buruk kelak nanti serta merupakan langkah dini guna mencegah perusakan moral. Anak mencari keamanan dengan mencari kasih sayang dari lingkungan sekitarnya, jika ia mendapatkannya maka ia akan berkembang menjadi individu yang memiliki rasa percaya terhadap dirinya dan juga terhadap orang lain.

Begitu juga hal hal lain yang memungkinkan bahkan memang rasa aman itu sangat perlu dalam kehidupan kita. Rasa aman akan janji keselamatan (dalam kehidupan beragama), Rasa aman dalam mengemukakan pendapat (yang diatur dalam Hak Asasi Manusia), Rasa aman dalam berinteraksi dan banyak lainnya.



Seperti yang telah disinggung dalam contoh rasa aman diatas, yakni Rasa aman dalam mengungkapkan pendapat berhubungan erat dengan kemerdekaan diri. seseorang dikatakan merdeka / telah memperoleh kemerdekaan diri apabila ia sudah mendapatkan hak hak mutlak (dikenal HAM) seutuhnya tanpa mengabaikan Kewajibannya. jadi maksud saya disini Banyak dari bermiliar juta-juta individu yang mempunyai kepentingannya disini untuk memperoleh kemerdekaan diri. "Rasa merdeka dari intimidasi", nampaknya ini merupakan salah satu dari berbagai contoh yang tepat untuk menggambarkan kemerdekaan diri. Intimidasi yang tidak asing dikaitkan dengan Ancaman menuntut individu untuk melakukan kepentingan - kepentingannya guna memperoleh Rasa aman. Sayangnya banyak dari individu yang belum mendapatkan kemerdekaan dan rasa aman secara seutuhnya. dengan contoh HAM yang masih sedkit terabaikan. Padahal untuk penegakannya sudah baik.
Sekiranya itu saja yang dapat dijabarkan.


Pada dasarnya tidaklah salah apabila setiap individu melakukan kepentingan - kepentingan untuk memperoleh Rasa aman dan memperoleh Kemerdekaan diri, namun jangan sampai mengabaikan kepentingan orang lain juga.



STUDI KASUS


INTEGRASI MASYARAKAT
Pada saat ini integrasi sangat biasa dirasakan di kasus seorang ibu yang mengeluh perawatan sebuah rumah sakit di sebuah email kepada teman-temannya dan dituntut oleh pihak rumah sakit tersebut dengan tuntutan pencemaran nama baik dan ibu tersebut harus membayar sejumlah uang akibat tuntutan tersebut. Para masyarakat melihat kasus ini merupakan sesuatu yang tidak adil dalam hokum di masyarakat dan masyarakat dari seluruh indonesia berintegrasi agar dapat membantu ibu tersebut yang menjadi kekejaman ketidak adilan hokum.
Para masyarakat berintegarsi mengumpulkan uang dan hasilnya lebih dari cukup.
Dan pada masa orde baru pun masyarakat seluruh Indonesia berintegrasi agar masa orde baru diturunkan. Dengan masyarakat berintegrasi maka behasil lah keinginan rakyat agar lepas dari pemerintahan orde baru.
http://edwinghofamz.wordpress.com/2009/12/28/integrasi-masyarakat-dalam-permasalahan-sosial/

Kenyataan ini yang sangat disayangkan, Kemerdekaan diri belum sepenuhnya didapatkan. kemerdekaan dan rasa aman akan mengungkapkan pendapatlah yang dapat digambarkan dalam kasus ini, kewajiban sudah dilakukan sang ibu namun kepentingan seorang ibu yang mengungkapkan Kekecewaan akan apa yang diterimanya pada rumah sakit terabaikan oleh kepentingan Rumah sakit tersebut akan menjaga nama baiknya. Sebenarnya, hal ini masih dapat diselesaikan secara kekeluargaan antara pihak rumah sakit dengan Ibu tersebut. Apabila ada keluhan atau hal lainnya mengenai Perawatan Rumah sakit bisa diutarakan langsung sehingga tidak muncul persitengangan. Keinginan Rakyat harusnya dapat terapresiasikan oleh karena itu dibentuk Perwakilan rakyat dengan harapan adanya sinkronisasi antara rakyat dengan wakilnya sehingga hak - hak rakyat (tidak terlepas dari kewajiban yang harus dilakukan rakyat) dapat terwujud selaras dengan Hak - hak atau peraturan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar