Minggu, 02 Desember 2012

Pandangan Mengenai Insomnia


Sebuah Tulisan
Manusia tentunya membutuhkan istirahat, bila dikaitkan dengan komputer yang tidak memiliki batasan sehingga bisa terus menerus digunakan tanpa mengenal lelah manusia tidak demikian. Manusia memiliki batasan dalam tenaga, tenaga tidak hanya menyangkut pada fisik,  dalam jangkauannya juga menyangkut pada kondisi psikis. Istirahat bisa berupa refreshing (atas penat),  dan terlelap atau tidur. Tidur biasa digunakan manusia untuk mengistirahatkan fisiknya dari segala aktivitas dan pengisian tenaga. Apabila dalam kebutuhan tidur saja sulit untuk terpenuhi karena gejala kelainan tidur maka dipastikan kebutuhan pengisian tenaga belum tercapai secara maksimal dan berpengaruh juga pada kondisi psikis yang penat.

Gejala kelainan tidur yang disebutkan tadi dikenal dengan Insomnia, satu hal yang menurut saya perlu ditekankan pada definisi insomnia bahwa insomnia bukanlah suatu penyakit. Dalam pengetahuan dan pendapat saya mengenai insomnia hanyalah sebatas ganguan tidur, gejala kelainan tidur karena perilaku atau kebiasaan dari penderitanya seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebihan, ketergantungan obat – obatan terhadap suatu penyakit, padatnya aktivitas pada malamm hari, kurang teratur dan kebiasaan tidur yang salah.

Secara umum Insomnia memang disebabkan oleh problema pada psikis. Bisa berupa stress yang berkepanjangan, depres. Namun tidak menutup kemungkinan dengan gaya hidup seperti berlebihan mengkonsumsi alkohol, rokok, cafein, obat penurun berat badan, serta kehidupan malam juga dapat menyebabkan insomnia apalagi ditambah dengan faktor lingkungan yang kurang mendukung suasana hening dan bahkan lingkungan yang terlalu bising sehingga mengganggu tidur merambat jadi kebiasaan dan menjadi ganguan tidur. Berdasarkan rentan waktu penderita gejala ini, jenis dari insomnia terbedakan atas 3 kategori yakni Insomnia sementara (2 atau 3 hari hingga 1minggu), Insomnia akut(hitungan bulan, 1-6 bulan), Insomnia kronis (betahun – tahun pada suatu waktu). 

Berbagai kiat dan tips dalam melakukan perbaikan maupun pengobatan insomnia bisa dilakukan dengan banyak cara. Beberapa diantaranya seperti menciptakan suasanya nyaman di tempat tidur (baik itu dari kebisingan dan kalau bisa lampu dimatikan), dan mengatur pola jam tidur secara teratur, tenangkan pikiran serta serahkan berbagai kekhawatiran maupun tekanan dengan berdoa dan   optimis dengan berdoa dan berusaha anda bisa melewati tekanan dan apa yang dikhawatirkan akan hari esok sehingga stress dan depresi bisa berkurang. Tanpa harus menggunakan obat antidepresan. Selain diluar ketiga hal tesebut cara lain yang mendukung pengobatan insomnia dengan menjaga kesehatan fisik anda seperti berolahraga seara teratur, makan / minum teratur jangan membiarkan perut kosong sebelum tidur (tapi diusahakan juga jangan makan terlalu banyak dan jangan meminum kafein apalagi alkohol),


Tidak ada komentar:

Posting Komentar