Sabtu, 10 November 2012

Pesatnya perkembangan Internet, Menguntungkan atau merugikan?



Sebuah Tulisan & Wacana

Keberadaan Internet pada era globalisasi ini cukup terdukung dan menopang akan kebutuhan Informasi. Semua Aktivitas disinyalir beraspek pada Internet. Perbantuan Komputer sebagai alat bantu manusia diefisiensikan dengan jaringan internet. Berbagai Lembaga Pendidikan baik itu tingkat Sekolah maupun Unviersitas sedikit banyak sudah berpatokan pada Internet baik itu dalam metode pembelajaran, penunjang penyimpanan database, wadah guna memberitakan informasi (pengumuman dan informasi nilai). Dalam bidang perkantoran atau instansi penggunaan internet juga turut membantu baik itu dalam penyimpanan backup data
perekrutan tenaga kerja yang baru, pelaporan bursa saham serta terbantukan dalam layanan periklanan. Bahkan sistem jual beli yang kita kenal dengan E-Commerce.

Media Penyimpanan yang saya cukup nilai efektif ada pada Internet. Anda membuat sebuah email, dan menyimpan berbagai dokumen anda di akun id anda. Salah satu layanan penyedia email sudah berbaik hati memberikan fasilitas penyimpanan berkapasitas 7GB keatas. Internet yang terhubung dari beberapa jaringan serta url web dan domain yang begitu banyak juga turut dirasakan manfaatnya bagi para pencari kerjaan di bidang Web Desainer.

sekumpulan tata cara komunikasi (protokol Internet) yang memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa sederhana, komputer dapat terhubung menggunakan saluran  telepon dan berkomunikasi dengan komputer yang mana tersambung ke jaringan LAN (Local Area Network) maupun jaringan radio sehingga memungkinkan terjadinya antar jaringan (inter-network)disingkat Internet.

Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 yang mana   dimulai dari suatu projek Arpa yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) dengan tujuan awal adalah untuk keperluan militer. semula mendemonstrasikan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Internet pun semakin berkembang dan mulai masuk ke indonesia tahun 1990an dimana IndoNet yang menjadi Internet Service Provider komersial perrtama.


Namun tentunya masih banyak permasalahan - permasalahan diluar kehebatan internet, baik itu dalam sisi teknis maupun penyalahgunaannya. Termasuk mengenai malware yang menyerang browser, sebuah malware dikabarkan sedang menyerang sebuah browser terkenal yang cukup membuat resah, bingung, panic, sang punggawa browser yang sekaligus produsen hardware komputer & electronic.

Maraknya Penggunaan Internet dalam skala penggunaannya pada berbagai jejaring sosial juga telah menimbulkan berbagai kasus yang mengarah ke jalur hukum. saling tuntut akan ketersinggungan yang mana menuai konflik. Yang lebih parahnya lagi kemarin sebuah stasiun televisi menyajikan berita mengenai prostitusi melalui jejaring sosial. Penggunaan Internet untuk lingkungan anak usia dini pun dinilai kurang signifikan apabila dilihat dari pengaruh kepribadian, emosi, individualistis. Selain itu hilangnya masa kecil anak dengan dipadukan dengan permainan yang semestinya pada usia mereka (yang dimaksud disini adalah permainan  traditional) juga mulai luntur, terabaikan bahkan tergantikan.

Disinilah menurut saya perlu dilakukan sebuah pengkajian (dimulai dari diri sendiri) akan nilai - nilai yang terkandung dalam internet. Tidak ada maksud apa - apa pengkajian ini dimaksudkan untuk menginstropeksi diri kita sendiri sehingga terhindar terseret dampak negatif internet.memang tidak dapat dipungkiri bahwa arus internet tidak bisa kita lawan, namun saya tidak menyarankan untuk melawan arus globalisasi dengan melawan arus internet namun kita bisa menyaringnya semua adalah tergantung bagaimana kitanya, namun alangkah baiknya internet digunakan secara efektif dan efisien. buat lah sekiranya kondisi dimana internet yang mengikuti kita (bisa dengan menyaringnya.) jangan sampai juga kita tehanyut dalam arus internet yang merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar